Desain Pemodelan Grafik

Image

Pada dasarnya dalam artikel kali ini akan dibahas mengenai Desain Pemodelan Grafik,Yang dimana merupakan salah satu mata kuliah yang mempelajari mengenai grafik komputer dan pembelajarannya adapun dalam hal ini arti pemodelan itu sendiri adalah suatu proses dari menciptakan suatu objek melalui komputer secara grafis,yang dimana pemodelan itu sendiri merupakan proses pembuatan sketsa kasar dari objek yang akan dibuat.Jadi apabila dihubungkan dengan desain pemodelan grafik maka dapat diartikan desain pemodelan grafik merupakan suatu pelajaran yang menitikberatkan pada pembuatan sketsa dan perancangan objek melalui media komputer yang menggunakan grafis komputer dalam pembuatan dan perancangannya.

Seiring berkembangnya zaman,maka teknologi komputer pun juga ikut berkembang.sehingga semakin ke depannya pelajaran mengenai desain pemodelan grafik pun sangat dibutuhkan terutama dalam beberapa bidang di dalam pekerjaan.Adapun yang menggunakan desain pemodelan grafik itu sendiri biasanya merupakan pekerjaan yang berhubungan dengan dunia desain grafis, seperti advertising,production house, animator dan bidang pekerjaan lainnya yang membutuhkan penggunaan grafis komputer dalam membuat suatu objek.

Saat ini, komputer grafis menghasilkan segala sesuatu yang banyak berkaitan dengan berbagai aspek kehidupan kita sehari-hari. Citra komputer grafik dapat ditemukan di televisi, di koran, film dsb. Seperti misalnya dalam laporan cuaca  atau dalam semua jenis penyelidikan medis dan prosedur operasi.  Grafis yang dibuat dengan baik dapat mepresentasikan hal yang terlihat sulit menjadi suatu hal yang mudah dan dapat dipahami. Grafik juga dapat digunakan dalam media seperti laporan, thesis,serta tugas-tugas makalah. Untuk mendukung perkembangan ini telah banyak perangkat lunak yang diciptakan untuk mendukung kinerja dari komputer grafis atau CG. Perangkat-perankat lunak tersebut dapat dikategorikan menjadi 3, yaitu: untuk 2D, 3D, dan animasi grafis. Karena teknologi berkembang pesat kebanyakan digunakan adalah perangkat 3D ,tetapi tidak sedikit yang masih menggunakan perangkat komputer grafis  2D. Oleh karena itu Komputer Grafis telah muncul sebagai sub-bidang  ilmu komputer yang mempelajari metode untuk mensintesis digital dan memanipulasi konten visual.

Tipe-Tipe Citra

Grafis Komputer 2D
Grafik komputer 2D adalah pembuatan objek gambar yang masih berbasis gambar dengan perspektif 2 titik sebagai contoh adalah:gambar teks,bangun 2D seperti segitiga,lingkaran dsb. Grafik komputer 2D kebanyakan digunakan pada aplikasi yang digunakan hanya untuk mencetak dan menggambar seperti tipografi, gambar, kartun,iklan, poster dll.

Pixel Art 
Pixel art adalah sebuah bentuk seni digital, yang diciptakan melalui penggunaan perangkat lunak grafik raster di mana gambar akan diedit pada tingkat pixel. Pixel art dapat ditemukan pada komputer atau game-game yang relatif tua, dan juga dapat ditemukan pada telepon genggam.

Vector graphics
Berbeda dengan pixel, grafik vektor merupakan representasi dari gambar dengan berupa array pixel. Dimana keunggulannya adalah pada resolusi berapapun dan tingkat pembesaran apapun gambar yang dihasilkan tetap(tidak blur atau pecah)

Grafik Komputer 3D
Grafik komputer 3D merupakan suatu grafis yang menggunakan 3 titik perspektif dengan cara matematis dalam melihat suatu objek, dimana gambar tersebut dapat dilihat secara menyeluruh dan nyata. Untuk perangkat-perangkat lunak yang digunakan untuk grafik komputer 3D ini banyak bergantung pada aloritma-algoritma.

Animasi Komputer

Animasi Komputer adalah seni membuat gambar bergerak melalui komputer. Biasanya ini digunakan pada film-film animasi berbudget besar. Tetapi film-film non animasi juga banyak yang menggunakan teknik ini, sebut saja Lord Of The Ring, Harry Potter, dsb.

Sumber :

Tinggalkan komentar